- Perusahaan Telekomunikasi
Visi, Misi, dan Strategi PT.Indosat
Visi PT.Indosat :
• Menjadi penyelenggara jasa dan jaringan Telekomunikasi terpadu berfofus Seluler/Nirkabel,yang terkemuka di Indonesia.
• Memperkuat posisinya sebagai perusahaan Telekomunikasi berkelas dunia.
• Mempertahankan kepemimpinan pasar dalam jasa Telekomunikasi Internasional.
• Menjadi pemain Global dalam industri Telekomunikasi dunia.
Misi PT.Indosat :
• Mewujudkan visi Perusahaan semaksimal mungkin.
• Menyediakan jasa terbaik kepada konsumen.
• Memberikan hasil terbaik kepada pemegang saham.
• Mempertahankan dan meningkatkan citra terbaik Perusahaan.
Strategi bisnis:
Menjadi penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi terpadu yang terdepan dengan fokus pada bidang seluler
Strategi Fungsional :
1. Strategi Pemasaran
a. Perluasan Wilayah
b. Meluncurkan produk lama dengan fitur-fitur baru
c. Mengembangkan produk baru
d. Melakukan kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan pangsa pasar
2. Research and Development dan Operasi
a. Meningkatkan pelayanan
b. Pembangunan kapasitas untuk pelayanan lebih baik
3. Keuangan
a. Pendanaan untuk peningkatan pelayanan
b. Pinjaman jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan belanja modal
4. Sumber Daya Manusia
a. Perekrutan Sumber Daya Manusia untuk peningkatan kualitas perusahaan
b. pembangunan program pengembangan
Strategi koorporasi :
Strategi perusahaan mewujudkan tiga orientasi umum, yang sering kali disebut grand strategis yaitu:
1. Pertumbuhan
2. Stabilitas
3. Pengurangan
Dalam hal ini perusahaan memilih strategi pertumbuhan.Perusahaan yang melakukan bisnis yang dinamis harus terus bertumbuh agar dapat bertahan. Pertumbuhan yang berkelanjutan berarti penjualan yang meningkat. Perusahaan memproduksi berbagai macam jenis produk sehinga perusahaan terus menerus melakukan inovasi. Maka dalam pembuatan produk memerlukan biaya yang tinggi sehingga pertumbuhan yang berkelanjutan berarti sebuah kesempatan untuk memanfaatkan kurva pengalaman untuk mengurangi harga pokok penjualan per unit sehingga akhirnya menaikkan laba. Pengurangan biaya tersebut menjadi sangat penting apabila perusahaan tumbuh dengan cepat dan pesaing-pesaingnya terlibat dalam perang harga untuk memperbesar pangsa pasar.
Visi, Misi, dan Strategi Telkom Indonesia
Visi Telkom :
Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Misi Telkom :
|
1.Mengoptimalkan layanan jaringan telepon tidak bergerak kabel/fixed wireline ("FWL").
2. Menyelaraskan layanan seluler dengan jaringan tidak bergerak nirkabel/ Fixe Wireless Access ("FWA") dan mempersiapkan FWA menjadi unit usaha tersendiri.
3. Investasi dalam jaringan pita lebar (broadband).
4. Mengintegrasikan solusi enterprise.
5. Mengintegrasikan Next Generation Network (“NGN”).
6. Mengembangkan jasa teknologi informasi.
7. Mengembangkan bisnis portal.
8. Menyederhanakan portofolio anak perusahaan.
9. Menyelaraskan struktur bisnis dan pengelolaan portofolio.
10. Melakukan transformasi budaya perusahaan.
- Perusahaan Transportasi
Visi, Misi dan Strategi PT.KAI
Visi PT.KAI :
Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.Misi PT.KAI :
Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan.
Strategi PT.KAI :
Dalam pembinaan dan pengelolaan usaha PT KAI, ada beberapa strategi yang dilakukan, antara lain:
- Peningkatan efisiensi melalui cost cutting program (program pengurangan biaya) dan cost reduction program (efisien biaya). Cost cutting program harus dilihat dalam sebuah pemikiran yang tepat, yaitu efisiensi yang tidak mengorbankan produktivitas serta efektivitas sebuah program.
- Taat azas dalam pencatatan pendapatan perusahaan untuk menghilangkan kebocoran penerimaan dan melakukan upaya-upaya untuk menghilangkan penumpang tanpa tiket.
- Penetrasi pasar melalui pemberdayaan angkutan gerbong non penumpang (barang/cargo/batubara, semen dll) dalam rangka memperkuat struktur usaha.
- Kajian terhadap rute-rute yang tidak dapat berkompetisi dengan model transportasi lain (khususnya jarak jauh), dan membuka rute-rute yang potensial.
Visi, Misi dan Strategi Transjakarta (Busway)
Visi Busway :
Busway sebagai angkutan umum yang mampu memberikan pelayanan publik yang cepat, aman, nyaman, manusiawi, efisien, berbudaya dan bertaraf internasional
Misi Busway :
- Meningkatkan kualitas hidup pengguna jasa layanan Sistem Transjakarta dan masyarakat DKI Jakarta pada umumnya;
- Menyediakan layanan transportasi publik yang aman, nyaman dan terjangkau di DKI Jakarta;
- Mengoptimalisasikan layanan transportasi publik yang efisien dari sisi biaya dan investasi, sehingga dapat berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan dalam jangka panjang;
- Mengefisiensikan waktu dari pengguna jasa layanan dan masyarakat pada umumnya, dengan berkurangnya waktu tempuh perjalanan;
- Mengurangi pencemaran udara dan menjaga kesehatan lingkungan di DKI Jakarta; Memberikan kualitas pelayanan yang baik, dengan memperhatikan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa layanan;
- Mengusahakan tarif yang terjangkau bagi pengguna jasa layanan;
- Meningkatkan penggunaan Sistem Transjakarta Busway seluas-luasnya bagi masyarakat;
- Menjadikan BLU Transjakarta Busway sebagai pengelola Sistem Transjakarta Busway yang profesional, kompeten, dan mandiri dari segi ekonomi;
- Mendorong penciptaan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi masyarakat melalui berbagai instansi dan perusahaan yang terkait dengan Sistem Transjakarta Busway; dan
- Mendorong perubahan budaya transportasi di masyarakat yang menghargai kualitas hidup, efisiensi waktu dan kesetaraan.
Strategi Busway :
Ada tiga strategi yaitu : pengembangan angkutan umum massal, pembatasan lalu lintas, dan peningkatan kapasitas jaringan jalan. Bus dengan jalur khusus (busway) atau bus rapid transport hanyalah salah satu pengembangan angkutan umum massal, selain monorel dan kereta bawah tanah (subway).
- Perusahaan Makanan/Franchise
Visi, Misi dan Strategi KFC
Visi KFC:
Menjadi restoran terbaik dan paling digemari di Indonesia dengan menjadi pemimpin pasar dalam industri makanan cepat saji.
Misi KFC:
Memberi kepuasan kepada semua pelanggan dengan menyajikan produk bermutu tinggi dan pengalaman tak terlupakan, KFC Jagonya Ayam.
Strategi KFC :
KFC merupakan restoran cepat saji franchise yang hak eksklusif waralabanya dipegang oleh PT.Fast Food
Dalam kondisi perekonomian yang sedang mengalami krisis ini KFC sebagai market leader menerapkan strategi moble defense yaitu strategi pertahanan bergerak Dalam kondisi bertahan dengan cara meningkatkan penjualan dan menekan biaya, KFC tetap melakukan perluasan pada pasar yang potensial sebagai pertahanan ataupun penyerangan dimasa depan. Strategi promosi dan pemasaran diarahkan untuk meningkatkan penjualan dan transaksi seketika itu juga, didukung dengan strategi produk berupa paket-paket hemat serta penetapan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya dan distribusi melalui layanan pesan antar ditingkatkan dengan penambahan armada. Strategi-strategi tersebut dijalankan untuk merealisasikan visi perusahaannya yaitu untuk mempertahankan kepemimpinannya dan agar dikenal sebagai brand yang paling digemari dalam usaha restoran cepat saji di Indonesia.
Visi, Misi dan Strategi McDonald's
Visi McDonald's :
Menjadi yang terbaik di dunia pengalaman restoran cepat saji. Menjadi yang terbaik berarti memberikan kualitas, pelayanan, kebersihan, dan nilai, sehingga kami membuat setiap pelanggan di setiap restoran tersenyum."
Misi McDonald's :
McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's”.
Strategi McDonald's :
Strategi untuk McDonald's restaurant misalnya, memilih lokasi outlet selalu di tempat yang paling strategis, mengutamakan kebersihan outlet, ada program khusus untuk event-event hari raya, strategi periklanan dan seterusnya. Kualitas fastfood-nya seragam, keramahan pelayanan, kebersihan restoran dan tentu saja ada nilai tambah lainnya. Memang sebagai suatu standar operasional sehari-hari Mc Donald's menerapkan suatu sistem yang dikenal sebagai "QSC&V", yaitu Quality (kualitas), Service (pelayanan pelanggan), Cleanliness (kebersihan) dan Value (nilai tambah yang diberikan ke pelanggan).
0 komentar:
Posting Komentar