BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 23 Februari 2010

Global Warming (Pemanasan Global)

Pemanasan global adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Selama seratus tahun belakangan ini suhu rata-rata global permukaan bumi sudah semakin meningkat yaitu 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F).
Sebenarnya pemanasan global merupakan fenomena naiknya suhu sedunia secara bersamaan yang terjadi dari tahun ke tahun karena pengaruh dari efek rumah kaca (Green House Efect), yaitu semakin meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida, metana, dinitiooksida, dan CFC yang akan membuat energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi.
Pada dasarnya efek rumah kaca ini sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup di bumi, sebab jika tidak ada efek rumah kaca, suhu bumi dapat menurun drastis hingga -18 °C artinya senua permukaan bumi menjadi beku semuanya tertutup es. Jika gas tersebut kelebihan di atmosfer, pemanasan global yang terjadi.
IPCC memberi kesimpulan sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20, kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia. Apabila gedung bertingkat menggunakan kaca yang dapat memantulkan cahaya matahari maka akan dapat membuat kesan sejuk. Kesan ini dapat diperoleh sebab sebagian besar sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi dipantulkan lagi keluar ke udara, ditangkap oleh atmosfer kita lagi yang sudah ada emisi rumah kacanya.

Akibat Pemanasan Global :
Akibat buruk pemanasan global bisa dirasakan oleh makhluk hidup dimuka bumi terutama manusia. Banjir, kemarau panjang, meningginya permukaan air laut, kekurangan air minum, cuaca tiba-tiba berubah, hilangnya gletser, serta punahnya beberapa jenis hewan. yang cukup mengerikan lagi, keadaan ini dapat menyebabkan tanaman pangan mati atau tidak mampu berproduksi maksimal. Dengan penggundulan hutan, berubahnya lahan penghijauan menjadi tempat tinggal atau kawasan industri menyebabkan banjir. Dengan keadaan seperti ini, mau tidak mau kita harus melakukan pencegahan supaya tidak semakin parah.

Cara Mengatasi :
Peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan cara penanaman pohon atau penghijauan di lingkungan sekitar, mengurangi emisi gas-gas rumah kaca, dan mengurangi polusi udara.

sumber : Wikipedia

0 komentar: