BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 24 Februari 2010

Hemat Energi Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Benda dan makhluk hidup yang memiliki energi juga dapat melakukan kerja. Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain. Bentuk energi dibedakan menjadi dua yaitu energi potensial dan energi kinetik. Namun bentuk-bentuk energi yang ada di alam sangat beragam, seperti : energi listrik, energi kalor (panas), energi cahaya, energi bunyi, energi nuklir, energi biogas, dan energi kimia. Sumber-sumber energi ada yang dapat diperbaharui, contohnya bahan bakar minyak (BBM), Batu bara dan gas alam. Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui contohnya adalah energi matahari, energi angin, energi air, energi panas bumi, energi pasang surut, energi biogas dan energi nuklir.

Selain energi diatas, masih ada energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial yaitu energi yang dimiliki benda karena letaknya terhadap acuan atau energi yang tersimpan dalam benda karena letaknya terhadap bidang yang dijadikan acuan. Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena geraknya.

Sumber daya alam yang banyak digunakan sebagai sumber energi adalah minyak tanah dan bensin. Jika bahan bakar terus digunakan suatu saat akan habis. Listrik tidak dapat diambil langsung dari alam. Listrik dihasilkan dalam stasiun pembangkit listrik. Ada stasiun pembangkit listrik yang memakai energi alternatif seperti energi air, angin dan matahari. Adapula stasiun pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar batu bara, minyak bumi dan gas bumi. Bahan bakar ini digunakan untuk menghasilkan listrik. Akibat proses yang rumit dan sulit energi listrik menjadi tidak murah. Oleh sebab itu, harga listrik semakin lama semakin mahal

Karena hal-hal tersebut, kita harus menghemat energi. Dengan menghemat energi, kita memperlambat habisnya sumber energi di bumi dengan mengurangi biaya yang dikeluarkan. Selain itu, juga dapat mengurangi polusi karena makin sedikit bahan bakar digunakan, makin sedikit gas buang dihasilkan.

Sumber : http://organisasi.org/pengertian_energi_potensial

0 komentar: